Minggu, 29 November 2009

notulen rapat

Notulen diskusi Sumber Daya Manusia kelompok A
Diskusi :
1. Ary Tri Putranto selaku Manajer SDM Bestone
Menurut kelompok Browse, dari ketiga kasus yang diangkat Browse , kasus manakah yang sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu dan bagaimana cara penyelesaiannya?
2. Intan Aristy selaku manajer SDM Bestone
Mengenai kepuasan kerja, data menunjukkan bahwa tahun 2008 kepuasan kerja meningkat. Bagaimana hal itu terjadi padahal terjadi konflik antara UAW dan FORD?
3. Antonius Tamtama selaku staf SDM Bestone
Mengenai rekomendasi health care . Jika biaya kesehatan dikurangi apakah hal tersebut tidak membuat kepuasan kinerja menurun?

Jawab :
1.
Sri Sugiarti selaku manajer SDM Browse
Menurut kelompok kami, kasus yang sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu adalah mengenai masalah downsizing. Penyelesaian dengan cara :
a) Meningkatkan komunikasi dengan karyawan
b) Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meluapkan emosinya.
c) Melibatkan karyawan
d) Pengembangan karir
e) Evaluasi
Ary Tri Putranto
Setuju dengan kelompok Browse, karena karyawan merupakan asset yang paling penting dalam sebuah perusahaan sehingga masalah mengenai karyawan memang perlu lebih dulu diselesaikan.
Desi Mayasari selaku staff operasi Browse
Pekerja di dunia otomotif sulit untuk dicari. Walaupun sama-sama restrukturisasi namun terdapat beberapa penekanan yaitu :
a) Restrukturisasi yang bagaimana
b) Pemberian motivasi kepada karyawan
Ary Tri P.
Menambahkan dampak dari retrukturisai adalah penurunan motivasi dan kepuasan karyawa penurunan upaya kerja dan menimbulkan masalah dengan serikat pekerja.
Dimas Hermawan selaku GM Browse
Terjadi pergeseran dari downsizing menjadi rightsizing, ketik proses restruturisasi terjadi ada yang bertahan dan ada yang tidak bertahan.
Rendra Vidian Utomo selaku manajer operasi Bestone
Pertanyaan baru, apakah downsizing masih perlu dilakukan atau tidak?
Desi M
Hal tersebut tergantung pada keadaan ekonomi, jelas selalu ada restrukturisai tetap tidak menjadi suatu strategi karena hanya jangka pendek ( menurut Kurgman ).Sehingga sebaiknya restrukturisasi sebaiknya dihentikan saja.
Ary T.P
Terdapat beberapa alas an melakukan downsizing :
a) Pasar semakin kompetitif
b) Perubahan teknologi yang sangat cepat
c) Kunci sukses adalah pembelajaran secara continue
d) Kepentingan organisasi sangat kental
e) Kekurangan uang
f) Ketidakcapaian tujuan
Desy M
Tujuan downsizing adalah mengurangi cost, yang dapat dilkaukan dikurangi dari segi operasi, pemsaran dan keuangan. Restrukturisasi merupakan langkaha terakhri yang dilakukan Ford.
Kesimpulan :
Downsizing sebaiknya dihentikan ketika kondisi perekonomian perusahaan memungkinkan untuk dihentikan.
2. Sri Sugiarti selaku manajer SDM Browse
Meningkat dikarenakan Ford terus menjalin komunikasi dengan karyawan.Kalau karyawan mempunyai masalah bisa didiskusikan dengan Ford sehingga menimbulkan kepuasan bagi perusahaan dan karyawan.
Intan
Setuju , walaupun ada masalah dengan UAW kepuasan dapat meningkat. Terdapat beberapa factor lain yang membuat peningkatan kepuasan kerja yaitu :
a) Pemenuhan kebutuhananya
b) Pemenuhan perbedaan
c) Komponen nilai
d) Dll
Mungkin Ford sudah memenuhi salah stu dari factor-faktor tersebut.
Desi M
Hubungan antara pertikaian UAW dengan kepuasan kerja tampaknya tidak terlalu erat. Indeks kepuasan pekerja tidak dipengaruhi oleh pertikaian tersebut karena tidak semua karyawan mengikuti UAW tersebut.
Ary T.P
Namun permasalahannya adalah pengaruh UAW sangat kuat. APkah tiu tidak berpengaruh. Rekomendasi dari Bestone adalah adanya mediator untuk Ford dan UAW.
Desy M.
Memang pengaruh UAW kuat, seperti pemogokan karyawan pada GM yang mengakibatkan penurunan laba 60 %. Penggunaan mediator hanya akan menambah biaya yang akan dikeluarkan. Sehingga akan memperlebar maslah yang akan terjadi.
3. Rusiawan selaku staff SDM Browse
Menurut kelompk kami. Itu langkah yang tepat karena tingkat biaya health care yang sangat tinggi . Terdapat kondisi dimana karyawan disuruh memilih antara di PHK karena erusahaan bangkrut atau biaya asuransi dikurangi. Dan karyawan lebih memilih biaya asuransi dikurangi daripada harus kehilangan pekerjaan.
Nisita Prabawanti selaku GM Bestone
Pengurangan biaya asuransi akan ditolak oleh UWA karena tentu saja akan mengurangi keselematan kerja.
Sri S.
Biaya kesehatan dibebankan kepada karyawan, tidak semuan biaya asuransi dikurangi . Pengurangan tersebut adalah untuk keefektifan biaya. Karena menurut kelomok kami biaya asuransi sangat tinggi. Dimana dalam sehari Frd dapat mengeluarka satu juta dolar hanya untuk asuransi.
Desy M:
Di Amerika , asuransi merupakan suatu bisnis semakin meningkatnya biaya asuransi juga tentu saja meningkatkan keuntungan perusahaan asuransi saja.
Nisita P.
Sebaiknya usulan tersebut diberikan kepad pihak makro atau penguasa karena hal tersebut berpengaruh secara makro bukan diberika kepada pihak internal perushaan.
Desy M.
Memang hal tersebut berpengaruh secara makro Teapi alangkah lebih baiknya dilakukan dari pihak-pihak kecil yang terdapat dalam lingkungan makro tersebut. Diharapkan lama kelamaan akan mempengaruhi secara makro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar